Hati-Hati Bermain PBN, Karena Ada Pembaharuan Google Tentang Backlink

Alasan saya menulis artikel ini karena membaca di salah satu forum webmaster yang menyebutkan bahwa saat ini PBN atau backlink sudah tidak efektif lagi untuk meningkatkan sebuah peringkat website di google (Meskipun itu backlink berkualitas).

Lalu, pertanyaannya apakah benar? Mari disimak…

skema backlink sudah tidak efektif
skema backlink sudah tidak efektif

Jika anda ahli seo, maka anda akan memahami hal ini sejak lama. Beberapa praktisi SEO di luar negeri sudah menyadari adanya perubahan algoritma yang terjadi pada google sejak lama, terutama tentang backlink. Google selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk user atau pengguna, apabila ada salah satu web yang menggunakan teknik curang untuk manipulasi peringkat, maka google akan cepat bertindak.

Tindakan yang sering dilakukan oleh google antara lain adalah

  • Melakukan deindex pada website yang sengaja dibuat untuk backlink
  • Menurutkan peringkat pada website yang menggunakan backlink deindex
  • Memberikan penalti pada website yang melanggar peraturan webmaster
  • Memberikan efek sandbox pada website yang curang

Saat ini, meskipun anda mendapatkan backlink dari website berkelas atau memiliki kualitas yang tinggi belum menjamin peringkat website anda akan naik di google. Hal ini jelas akan merugikan beberapa orang yang menyediakan jasa pbn yang saya lakukan.

Namun, bukan berarti saya tidak memahami bagaimana mengakali hal ini. Google memang telah mengkonfirmasi hal ini melalui staff mereka pada tautan ini (Peringatan Backlink 2018) dan menyebutkan bahwa semua backlink yang tidak relevan (meskipun berkualitas) akan dianggap spam.

“Pembaharuan google hampir setiap hari, mereka (google) mempelajari bagaimana sebuah website memiliki kinerja dan daya saing yang bagus untuk berada di halaman satu. Meskipun sebuah website mendapatkan backlink .edu namun jika tidak memiliki kualitas yang relevan, maka itu akan menyalahi aturan dari google webmaster” ucap, John Mueller.

Antisipasi Memilih Backlink PBN Yang Sudah Tidak Efektif

hati-hati terhadap pbn yang tidak efektif
hati-hati terhadap pbn yang tidak efektif

Saat ini, website gan sedang berupaya membangun sebuah strategi yang dikhususkan untuk berbagai macam website. Strategi ini berkaitan dengan backlink yang sedang dijalankan di private blog network (PBN).

Strategi tersebut adalah membangun PBN yang sudah memiliki visitor atau bisa dibilang juga akan di monetize untuk penghasilan dari kami. Namun, ini masih tahap pembangunan.

baca juga: memperbanyak visitor blog

Hampir semua jasa backlink mendapatkan dampak dari update google saat ini. Beberapa atau seluruh domain PBN mereka terkena imbas dari aturan baru google, yaitu deindex. Google memang tidak main-main dalam hal ini, karena sudah memprediksikan sejak lama. Hal ini sangat merugikan beberapa orang yang menyediakan jasa.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk anda jika ingin mendapatkan backlink berbayar maka harus memilih dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki visitor, minimal 100 u/v per hari
  2. Alexa rank yang kecil
  3. Telah terindex
  4. Relevan dengan moneysite
  5. Di optimasi dan monetize

Nah, ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk mendapatkan backlink pbn yang efektif. Oleh karena itu, pastikan jasa yang anda beli memberikan ke 5 komponen yang saya sebutkan diatas. Terutama anda harus mengerti tentang poin 1 dan 4.

Meskipun ada yang menyebut PBN sudah tidak efektif namun jika anda memahami aturan main dan segala macam hal yang berkaitan dengan peringkat google, maka anda akan lebih mudah membuat PBN sendiri.

Ciri-ciri Backlink sudah Tidak Efektif
Ciri-ciri Backlink sudah Tidak Efektif

PBN tersebut tidak harus memiliki sumber berkualitas, tidak juga harus memiliki DA PA yang tinggi, tidak perlu memiliki matrik TF CF yang bagus. Yang harus anda ketahui adalah PBN link itu harus memiliki visitor dan relevan, itu saja. Sebagai tambahan, saat ini PBN saja sudah tidak bagus apalagi jika anda menggunakan software seo.

Ciri-ciri PBN TIDAK EFEKTIF ATAU JELEK adalah sebagai berikut:

  • Campur atau amburadul
  • IP Host sama semua
  • Register domain ditempat yang sama
  • Artikel Spin/rewrite/copy paste dll
  • Tidak memiliki pengunjung
  • Navigasi yang tidak jelas
  • Tidak relevan dengan situs anda
  • dll

Prinsip saya begini, 1 PBN itu akan sangat efektif dibandingkan 100 PBN apabila memiliki relevansi yang tinggi. Relevansi dibentuk dari setiap karakter tulisan atau artikel di masing-masing PBN. Pembahasan yang ada dalam 1 PBN juga harus berfokus pada keyword website anda, jangan sampai berubah. Oleh karena itu, semua yang berkaitan dengan PBN gado-gado akan terkena deindex pada waktunya.

Solusi:
Bagi anda yang suka bermain seo, maka anda harus sering mempelajari peringatan pada google webmaster dan mempelajari dasar seo onpage. Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui segala macam update yang terjadi pada mesin pencari. Jadi, sebisa mungkin anda selalu update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *